Pesona Ketep Pass

merapi dari jauhJavaMagazine (Magelang) - Magelang tidak hanya punya Candi Borobudur, masih ada Ketep Pass dan Air Terjun Kedung Kayang yang cantik. Bahkan di Ketep Pass, wisatawan bisa melihat pemandangan 5 gunung sekaligus.

Lokasi wisata alam Ketep Pass berjarak sekitar 30 km dari Candi Borobudur. Letaknya di puncak Bukit Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep pass berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tempat ini merupakan obyek wisata khas gunung api khususnya Merapi.

Fasilitas yang disediakan di sana antara lain Ketep Vocano Center yang terdiri dari miniatur Gunung Merapi, contoh bebatuan letusan Gunung Merapi, poster Puncak Garuda serta beberapa foto aktivitas Gunung Merapi. Pengunjung juga bisa menyaksikan film mengenai sejarah Gunung Merapi dari tahun ke tahun yang berdurasi 25 menit di dalam Ketep Volcano Theater yang memiliki kapasitas 78 tempat duduk.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama 5 gunung sekaligus yaitu Gunung merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Slamet di pelataran Panca Arga. Mereka bisa menggunakan teropong yang tersedia.

Di sana juga terdapat gardu pandang yang terdiri dari 2 gazebo untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Harga tiket masuk obyek wisata Ketep sebesar Rp 7.000. Fasilitas lain yang disediakan di sana juga terdapat restoran, musala serta areal parkir yang luas.

Selain Ketep Pass, pengunjung juga bisa menikmati obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang yang terletak di Desa Wonolelo, sekitar 3 km dari Ketep Pass. Keistimewaan air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini terletak tepat di kaki Gunung Merap. Keindahan alam sekitar masih alami serta berbalut dengan udara sejuk khas pegunungan.

Pengunjung bisa menikmati air terjun dari dua jalur, dari jalur atas dan jalur area bawah air terjun. Untuk jalur atas, pengunjung berjalan sejauh 200 meter melalui anak tangga sampai tepi tebing. Tepat di tepi tebing, air terjun terlihat cukup kecil dan dari sanalah pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Untuk menuju area bawah air terjun, pengunjung harus berjalan memutar sejauh 500 meter dengan menuruni ratusan anak tangga yang berganti menjadi jalanan tanah yang licin. Setelah itu, melewati area persawahan penduduk. Ketika tiba di tepi sungai, perjalanan dilanjutkan menyusuri bebatuan di sungai.

Namun, perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai dasar Air Terjun Kedung Kayang terbayar dengan keindahan dan segarnya air terjun ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine