Sedekah Gunung Desa Sengi Dukun

JavaMagazine (Magelang) – Diawali dengan Doa bersama antara seniman, tokoh masyarakat dan budayawan di Candi Tengah, Sengi, Dukun, Senin, awal Pebruari 2013 dimulailah Kirab Prosesi Sedekah Gunung yang merupakan ajang Introspeksi Diri.

Gelar prosesi yang dimulai dari sudut Desa menuju Candi Asu dan berakhir di Candi Lumbung, diwarnai dengan tabur wewangian di sepanjang jalur kirab dengan disertai pembacaan mantera sebagai ujub permohonan kepada Tuhan YME. Para peserta nampak  larut dalam acara tersebut dalan suasana yang sakral dan menyatu dengan alam yang menyambut dengan cerah.

Menurut Ismanto, seorang budayawan yang memimpin acara tersebut menjelaskan, “Dengan Prosesi Sedekah Gunung kali ini, diharapkan masyarakat kembali menemukan jati diri, semakin akrab satu sama lain sebagai ciri khas bangsa yang berbudaya.”

Prosesi diakhiri di Candi Lumbung, dengan menggelar berbagai acara teatrikal, baca puisi dan berbagai upacara ritual dengan pendekatan kultur masyarakat Jawa.

“Kita mempunyai ujub, supaya manusia lebih menghormati alam dengan selalu menjaga dan merawat, Dengan menghormati alam, berarti kita menghormati Allah Yang Maha Kuasa, “ jelas Ismanto seusai kirab.

Setelah acara kirab prosesi, dilanjutkan dengan sarasehan dan dialog budaya di Desa Sumber, Dukun, Magelang.

Dalam acara tersebut  dihadiri beberapa elemen masyarakat,  para seniman, budayawan termasuk tokoh-tokoh agama.  (L30).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine