Melatih Anak Cerdas dalam Segala Hal untuk Bisa Menonjol di Satu Bidang

JavaMagazine (Jakarta) - Setiap anak bisa tumbuh menjadi manusia utuh yang cerdas di segala sisi. Setidaknya ada sembilan kecerdasan majemuk yang harus terlatih dalam diri anak. Setiap kecerdasan ini semestinya dimiliki anak namun memang ada satu yang menonjol sesuai harapan orangtua dan anak.

Pendiri Resourceful Parenting Indonesia, Dr Andyda Meliala mengatakan sembilan kecerdasan majemuk yang semuanya perlu terlatih dalam diri anak antara lain: Bahasa; Logika matematika; Interpersonal; Intrapersonal; Visual spasial; Spiritual; Musik; Fisik; Alam.

"Setiap kecerdasan ini harus dilatih setiap hari dengan jadwal yang ditentukan sesuai kenyamanan keluarga. Cara melatihnya harus disukai oleh orangtua dan anak-anak. Latihan kecerdasan harus dilakukan lewat bermain. Bisa melatih satu persatu atau perlahan menggabungkan latihan beberapa kecerdasan sekaligus," kata Andyda seusai talkshow bersama Wiloto Foundation di Jakarta.

Meski semua kecerdasan harus dilatih, Andyda mengatakan, orangtua dan anak perlu menentukan salah satu kecerdasan yang ingin ditonjolkan, menjadi prioritas. Inilah yang kemudian menjadi kecerdasan unggul seorang anak.

Kalau sudah menentukan salah satu kecerdasan yang ingin ditonjolkan, pola latihannya harus ekstra.

"Semua kemampuan tersebut bisa tinggi kalau dilatih setiap hari sejak dini. Namun ada skala prioritas. Anak harus berlatih total 10 ribu jam, tiga jam sehari selama 10 tahun kalau ingin memiliki kecerdasan level dunia," tuturnya.

Andyda misalnya, memilih kecerdasan musik sebagai prioritas untuk putranya, Timothy Ginting. Piano menjadi pilihannya dan Timothy dalam mengembangkan satu kemampuan yang ingin ditonjolkan.

Dengan menerapkan latihan kecerdasan majemuk sejak Timothy berusia 1,5 tahun, kini, setelah berusia 18 tahun, putra Andyda memiliki kemampuan tinggi dalam sembilan kecerdasan majemuk. Timothy diterima di salah satu dari 10 universitas terbaik di Amerika, yakni University of Pennsylvania. Di luar itu, Timothy memiliki kemampuan menonjol dalam bidang musik, dengan talentanya bermain piano.

Anda pun bisa mencetak putra atau putri dengan kualitas terbaik asalkan sembilan kecerdasan majemuk terlatih sejak dini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine