Hari Batik Nasional : Batik Diakui Dunia Melalui UNESCO

Hari Batik Nasional jatuh hari ini, Kamis 2 Oktober 2014 disambut antusias masyarakat Indonesia. Mereka dengan bangga mengenakan batik untuk aktivitas.

Bicara soal batik yang merupakan warisan budaya Indonesia, tentu keberadaannya harus dilestarikan. Keindahan batik juga telah diakui dunia, beberapa tokoh dunia pernah menggunakan batik Indonesia dalam berbagai kesempatan seperti Nelson Mandela, Barack Obama dan Bill gates.

Bahkan, Nelson Mandela ketika disemayamkan menggunakan salah satu batik Indonesia kesayangannya.
Dulu Malaysia pernah mengklaim batik adalah milik mereka. Polemik pun muncul akibat klaim Negeri Jiran terhadap batik ini.

Pada 2008 silam Pemerintah Indonesia tidak diam dengan klaim Malaysia tersebut. Pemerintah Indonesia buru-buru mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO atau Representative List of Intangible Cultural Heritage-UNESCO.

Untuk mendapat pengakuan representatif sebagai warisan budaya, proses yang ditempuh pemerintah Indonesia terbilang cukup panjang.

Berawal pada 3 September 2008 dengan proses Nominasi Batik Indonesia ke UNESCO, yang kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009 untuk diproses lebih lanjut.

Puncaknya, pada 2 Oktober 2009 diakhiri dengan UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Dalam situs resmi UNESCO tertulis Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri.

Batik adalah identitas bangsa Indonesia. Batik dipercaya menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal dunia.

"Tahun 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan dunia. Presiden SBY kemudian menjadikan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional," kata SBY lewat akun twitternya, Kamis 2 Oktober 2014.

Pengukuhan dari UNESCO serta pendeklarasian dari Presiden telah menghapus pengklaiman yang digencarkan oleh negara tetangga, Malaysia.

Dirayakan Google
Hari Batik Nasional juga ikut dirayakan Google dengan menampilkan doodle khusus di halaman muka mesin pencarinya.

Jika Anda mengakses Google pada hari ini, maka di layar PC, laptop, smartphone, atau tablet Anda langsung muncul tampilan Google Doodle yang menggambarkan sejumlah orang tengah mengenakan batik. Selamat Hari Batik Nasional!

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine