Keris Justru Dilupakan Karena Mistis & Mitos Keramat

Karena mistis & mitos keramat, keris jadi dilupakanJavaMagazine (Yogyakarta) - Benda pusaka semacam keris selalu dikait-kaitkan dengan mitos keramat dan juga hal-hal mistis. Meski hal tersebut tidak bisa diterima akal sehat, namun beberapa peristiwa menunjukkan bagaimana keramatnya sebuah keris, seperti keris terbang dan bisa berdiri yang kerap dipertontonkan lewat layar kaca.

Mitos tersebutlah yang dinilai oleh pegiat paguyuban Mertikarta (Pemerhati Tosan Aji Yogyakarta), Eko Supriyono sebagai penyebab keris tidak lagi dikenal oleh masyarakat sekarang.

"Soal isian keris atau keris jadi benda keramat, kita percaya itu ada. Tapi itulah menyebabkan orang jadi tidak kenal keris, punya keris lalu dikaitkan dengan mistis, orang jadi takut, padahal tidak semuanya begitu," kata Eko saat ditemui diacara Gelar Pusaka Warisan Dunia, di Pura Pakualaman, Rabu (24/09).

Karena faktor mistis yang melekat kuat, banyak orang yang tidak boleh memiliki atau bahkan melihatnya. Dia mencontohkan, ada banyak keris yang disimpan oleh Keraton, tapi tidak bisa dilihat oleh masyarakat.

"Sebagai benda pusaka, masyarakat tidak pernah lihat lalu bagaimana kita akan tahu, apa warisan kebudayaan kita, lalu bagaimana mewariskannya kepada generasi muda," ujarnya.

Eko menilai di era modern sekarang orang harus melihat keris sebagai karya seni estetika dan warisan kebudayaan. Karena itu jika sampai masyarakat tidak lagi mengenal keris, maka suatu saat keris akan dilupakan.

"Kita inilah yang merawat dan melestarikan kebudayaan kita, keris contohnya, semoga pameran ini bisa membuka pengetahuan dan minat masyarakat untuk mencintai warisan budayanya," pesannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine