Hidung Wanita Tempat Bersarang Lintah

JavaMagazine (Edinburgh) - Dokter menghabiskan waktu setengah jam untuk menyingkirkan seekor lintah dari hidung seorang perempuan Inggris yang sebelumnya menjadi turis backpacker di Asia Tenggara. Perempuan itu, Daniela Liverani, mengatakan, lintah itu "sepanjang jari telunjuk saya dan segemuk ibu jari saya".

Liverani, yang selama beberapa minggu terganggu karena mimisan, menemukan seekor lintah sepanjang tiga inci atau sekitar 7 sentimeter hidup di hidungnya selama lebih dari sebulan. Liverani awalnya yakin mimisan yang dialaminya akibat pembuluh darah di hidung yang pecah ketika mengalami kecelakaan sepeda motor di Asia Tenggara.

Namun, beberapa hari setelah kembali ke rumahnya di Edinburgh, Skotlandia, dia melihat sebuah obyek di salah satu lubang hidungnya yang semula dianggap sebagai darah beku. Sarjana berusia 24 tahun akhirnya dilarikan ke unit gawat darurat Edinburgh Royal Infirmary setelah menyadari bahwa ada seekor binatang di hidungnya itu.

Liverani, yang berasal dari Glasgow, mengatakan kepada Sunday Mail, "Dua minggu sebelum saya pulang dari Asia, saya mulai mengalami mimisan, tetapi saya sebelumnya jatuh dari sepeda motor, jadi saya berpikir pembuluh darah saya pecah. Setelah saya sampai di rumah, mimisan itu berhenti dan saya mulai melihat sesuatu yang mencuat dari lubang hidung saya. Saya berpikir itu darah beku akibat mimisan tersebut. Saya mencoba untuk memecahkannya dan menariknya keluar, tetapi saya tidak bisa memegangnya karena dia masuk kembali hidungku."

"Saat saya berada di kamar mandi, hal itu turun hingga bibir bawah saya dan saya bisa melihat dia mencuat dari lubang hidung saya. Maka ketika itu terjadi, saya melompat keluar dari kamar mandi untuk melihat dari dekat di cermin dan saya melihat tonjolannya. Saat itulah saya menyadari bahwa itu seekor binatang."

Staf rumah sakit memeriksa Liverani dengan sebuah senter sebelum mencoba untuk menyingkirkan parasit itu dengan menggunakan tang dan pinset.

Liverani berkata, "Itu sangat menyakitkan, setiap kali dokter menariknya, saya bisa merasakan lintah itu menarik-narik bagian dalam hidung saya. Lalu tiba-tiba, setelah setengah jam, rasa sakit berhenti dan dokter mendapatkan lintah di pinset. Binatang itu sekitar sepanjang jari telunjuk saya dan segemuk ibu jari saya."

Mark Siddal, kurator di American Museum of Natural History di New York dan seorang ahli lintah, mengatakan, "Daniela mungkin telah kemasukan lintah itu dari air di Vietnam, saat dia berenang. Atau bisa saja masuk melalui mulutnya, saat dia minum air. Walau binatang itu sudah sekitar satu bulan dalam hidungnya, lintah itu tidak tumbuh secepat itu, jadi tidak mungkin dia jauh lebih kecil ketika masuk ke hidung. Pasti sudah cukup besar. Menarik bahwa orang tidak merasakan lintah itu berada dalam hidung mereka." (4d3).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine