Lebih Dari Separuh Penduduk Bumi Hidup Tanpa Internet

JavaMagazine - Bagi sebagian penduduk bumi, internet kini bukan lagi menjadi gaya hidup semata, melainkan sebuah kebutuhan pokok yang diperlukan untuk komunikasi sehari-hari. Nyatanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh McKinsey & Company mengungkap sebuah fakta mengejutkan tentang internet. Setengah dari penduduk bumi hidup tanpa ditemani oleh internet!

Sebelum mengeluh tentang internet lelet yang tengah Anda alami, ada baiknya sedikit melihat ke negara tetangga kita seperti China. Meski diklaim menjadi salah satu negara maju baru, terdapat setidaknya 736 juta warganya yang tidak memiliki akses ke internet. Sementara di Bangladesh jumlah penduduk tanpa internet mencapai 146 juta jiwa.

Menariknya, McKinsey & Company juga mengungkapkan jumlah penduduk yang 'miskin' internet di Indonesia, PC World (03/10). Perusahaan yang bergerak di bidang konseling dunia bisnis tersebut menyatakan bila terdapat sekitar 210 juta jiwa yang belum mendapatkan akses internet yang layak dan tidak mendapat internet sama sekali. Angka ini terlihat sangat besar dan cukup 'meragukan', mengingat jumlah penduduk Indonesia di tahun 2014 diperkirakan sekitar 250 juta jiwa. Jadi, menurut penelitian McKinsey & Company ada sekitar 80 persen lebih penduduk Indonesia belum bisa menikmati internet.
Terlepas dari benar tidaknya penelitian dari McKinsey & Company, total seluruh penduduk bumi yang belum bisa menikmati akses internet mencapai 4,4 miliar jiwa, lebih dari separuh penduduk bumi yang diperkirakan berjumlah hampir 7 miliar orang.

Amerika sebagai salah satu negara maju juga menjadi salah satu penyumbang penduduk tanpa internet terbesar dengan 50 juta warganya. Ironisnya, terdapat negara-negara yang yang menyalip Indonesia dalam hal terbatasnya akses internet. Misalnya, India yang sampai saat ini hanya 15 persen warganya yang diketahui dapat menikmati internet. Bahkan, kurang dari 10 persen warga beberapa negara Afrika yang bisa terkoneksi dengan dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine