Mencukur Rambut (Shaving) Miss V Picu Infeksi Bakteri

JavaMagazine - Untuk alasan estetika, banyak wanita yang memilih menghilangkan rambut pada Miss V dengan cara shaving. Mencukur rambut Miss V memang teknik yang paling praktis dan cepat, juga cenderung murah. Dibandingkan waxing, cara ini memang lebih populer di kalangan wanita.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology, 90 persen wanita lebih suka menghilangkan rambut Miss V dengan shaving ketimbang waxing. Namun banyak yang belum tahu kalau menghilangkan bulu bisa membuat area Miss V rentan terkena infeksi.

Seperti dikutip dari She Knows, rambut Miss V atau pubic hair yang kerap dianggap 'mengganggu' sebenarnya ada kegunaannya. Rambut pubic berfungsi sebagai lapisan yang melindungi vagina. Jadi saat dicukur, itu berarti Anda juga menghilangkan pelindung tersebut. 

Mencukur rambut kemaluan juga bisa menyebabkan trauma dan iritasi pada Miss V, yang memicu pertumbuhan bakteri dan infeksi apabila dilakukan dengan cara yang tidak tepat. Iritasi biasanya timbul dalam bentuk benjolan-benjolan merah yang biasanya disebabkan oleh shaving cream atau pisau cukur yang digunakan.

Konsekuensi lainnya jika tidak mencukur dengan benar adalah terjadinya razor burn (iritasi kemerahan pada kulit setelah mencukur), luka lecet, gatal-gatal hingga ingrown hair (rambut tumbuh ke dalam). Miss V yang terlalu 'gundul' juga bisa membuat bakteri, kuman dan kotoran mudah mendekat karena tidak ada lapisan yang menghalanginya.

Jadi, apakah mencukur rambut Miss V sebenarnya dilarang dengan alasan kesehatan genital? Tidak selalu. Wanita yang ingin membersihkan rambut pada vagina boleh saja melakukannya hanya saja, sebaiknya diperhatikan cara-cara yang benar. Selain itu tidak disarankan untuk mencukur habis rambut, tapi cukup dengan merapikannya saja.

Selain itu sangat penting untuk mencukur rambut Miss V dengan hati-hati. Gunakan pisau cukur yang khusus didesain untuk wanita karena pencukur untuk pria umumnya memiliki pisau yang terlalu tajam untuk kulit Miss V yang cenderung lembut dan sensitif.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine