Dari Keraton Untuk Masyarakat


JavaMagazine (Yogyakarta) - Di Indonesia, terdapat berbagai teknik perawatan tubuh tradisional menyesuaiakan dengan adat istiadat di setiap suku dan daerah.

Di kalangan masyarakat Jawa kuno, mereka cenderung menggunakan bahan-bahan alami yang didapatkan dari alam dengan teknik-teknik perawatan secara tradisional. Satu teknik perawatan tubuh yang sangat istimewa yakni perawatan tubuh di kalangan masyarakat keraton, dimana sesuai sejarahnya, keluarga keraton selalu mendapatkan perlakuan istimewa dalam berbagai hal, termasuk dalam perawatan tubuh.

Pada era modern seperti sekarang, bisa dilihat bahwa para puteri keraton selalu tampil cantik dan anggun dalam setiap perhelatan. Sebu saja para puteri dari keraon Kasultanan Yogyakarta, yang hingga kini masih tinggal dalam lingkup keraton dengan segala tradisinya.

Warisan tradisi kecantikan Jawa tersebut banyak menginspirasi banyak pihak untuk menghadirkan perawatan kecantikan sejenis kepada masyarakat luas. selain turut melestarikan kebudayaan Jawa, perawatan tradisional ini dipercaya lebih aman, dengan resiko lebih kecil dibanding dengan perawatan kecantikan dengan teknologi modern. Hal ini bisa dimengerti, mengingat semua bahan-bahan dalam perawatan kecantikan tradisional menggunakan bahan-bahan alami, sedangkan perawatan kecantikan modern kebanyakan dari bahan-bahan kimia yang tentunya mempunyai efek samping.

Antusiasme masyarakat terhadap perawatan kecantikan secara tradisional ini sangat luar biasa, hal ini bisa dilihat dengan menjamurnya Griya Kecantikan dan Perawatan Tubuh di berbagai tempat, Hotel Berbintang, hingga salon-salon modern yang mulai melirik perawatan kecantikan "Ala Keraton" ini. (Ed).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine