KTT Uni Eropa Tak Putuskan Apapun

JavaMagazine (Jerman ) - KTT Uni Eropa Jumat (19/10) tidak menghasilkan sebuah keputusan yang konkrit atas masalah yang dihadapi Spanyol dan Yunani mengenai krisis ekonomi yang tengah dihadapi negara persemakmuran tersebut. Para pemimpin Eropa terlihat lebih cenderung membahas wacana pengawasan tunggal sektor perbankan.

Kondisi tersebut terbantu dengan cukup membaiknya data-data ekonomi Eropa, dimana surplus transaksi berjalan di zona euro meningkat menjadi 8,8 miliar euro (11,5 miliar dolar AS) pada Agustus dari 8,1 miliar euro bulan sebelumnya, data Bank Sentral Eropa menunjukkan pada Jumat (19/10) saat KTT berlangsung.

Transaksi berjalan pada neraca pembayaran, yang meliputi impor dan ekspor sektor barang dan jasa ditambah semua transfer lancar. Hal ini bisa dilihat dari indikator yang bisa dilacak dengan cermat untuk kemampuan suatu negara atau daerah dalam membayar transaksinya di seluruh dunia.

Hal ini sangat penting untuk memperoleh kepercayaan jangka panjang dari investor dan mitra perdagangan.

Dilihat dari data-data yang ada. selama 12 bulan hingga Agustus, neraca transaksi berjalan menunjukkan surplus 72,4 miliar euro, dibandingkan dengan defisit sebesar 21,6 miliar euro pada periode yang sama tahun sebelumnya.

sementara Greenback terapresiasi versus Euro dan Yen pada hari Jumat menyusul lambatnya perkembangan penanganan masalah fiskal Spanyol, yang memperburuk kecemasan investor atas pelemahan ekonomi global. Berlanjutnya ketidakpastian tentang kapan Spanyol akan meminta bailoutjuga telah membuat investor ragu untuk mendorong Euro lebih tinggi. (EC0)


0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine