Atasi AIDs Libatkan LSM

 JavaMagazine (Jakarta) - Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat mengharapkan kerjasama sinergi antarlintas kementerian, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat menanggulangi penyebaran HIV/AIDS di Indonesia.

"HIV AIDS bukan hanya masalah kesehatan saja, itu masalah multisektor. Sekarang pemerintah mengajak sektor swasta dan masyarakat luas untuk memperkuat pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya HIV AIDS," kata Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana Emil Agustiono di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan saat pembukaan Roadshow Kampanye HIV dan AIDS dengan tema "Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS".

Menurut dia, hal itu sejalan dengan Perpres No 75 Tahun 2006 tentang Komisi Penanggulangan AIDS Nasional yang menyebutkan bahwa masalah HIV dan AIDS harus dicegah secara lintas sektor.

Untuk mencegah penularan HIV dan AIDS di masyarakat, diperlukan kerjasama berbagai kementerian di titik-titik yang bisa menjadi pusat penyebaran virus seperti di lapas, tempat hiburan dan penginapan.

"Untuk mencegah penyebaran HIV AIDS diperlukan langkah-langkah sinergis dan koordinatif dari beragam kementerian," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat harus diedukasi agar terhindar dari HIV dan tidak memberikan stigma negatif dan perlakuan diskriminasi terhadap para penderita HIV dan AIDS.

Pemberian edukasi ini sejalan dengan tema internasional Hari AIDS Sedunia 2012 yakni "Getting to Zero: Zero New HIV Infection. Zero Discrimination. Zero AIDS-related death".

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, jumlah kumulatif kasus HIV hingga triwulan II tahun 2012 tercatat sebanyak 9.883 kasus baru.

"Ini fenomena gunung es, itu hanya data yang tercatat saja, padahal masih banyak yang di bawah permukaan yang tidak terekam dan tidak terlaporkan, sehingga diperkirakan jumlah sesungguhnya diatas angka sembilan ribu," ungkapnya. (Ann).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine