Gorontalo Utara kembangkan pasar tradisional

 JavaMagazine (Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,1 miliar yang digunakan untuk pengembangan pasar tradisional.

Bupati Indra Yasin, Senin, mengatakankan, rencana alokasi yang akan dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2013 itu, difokuskan untuk pengembangan pasar tradisional senilai Rp300 juta per unit.

Juga pembangunan pasar semi modern senilai Rp1,1 miliar di Desa Tolinggula Ulu, Kecamatan Tolinggula.

"Peningkatan pembangunan pasar di sejumlah desa yang menjadi basis pertumbuhan ekonomi potensial, seperti di Desa Ilomata Kecamatan Atinggola, akan semakin ditingkatkan untuk mendorong laju perputaran ekonomi masyarakat," kata Bupati.

Pembangunan pasar yang representatif, diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat, khususnya pedagang kaki lima (PKL) dan para petani supaya lebih mudah memasarkan produk pertaniannya.

Ditunjang dengan realisasi pasar harian, di seluruh pasar tradisional di setiap kecamatan. "Sudah saatnya kabupaten ini memiliki pasar harian dan lokasi berjualan yang menetap serta representatif bagi para pedagang," ujarnya.

Sistem pasar mingguan dan lokasi berpindah-pindah yang berjalan selama ini, sangat menyulitkan para pedagang untuk meningkatkan penghasilannya, serta memperlambat perputaran ekonomi daerah.

Sehingga alokasi pembangunan pasar tradisional dan semi modern, diantaranya di Kecamatan Biau, Atinggola dan Desa Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula akan segera direalisasikan awal tahun 2013 nanti. (Ad).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine