Kota Purbakala di Eropa

JavaMagazine (Jakarta) - Arkeologis di Bulgaria mengatakan bahwa mereka menemukan kota purbakala paling tua di Eropa.

Permukiman yang bertembok, dekat dengan kota modern Provadia, diperkirakan pernah menjadi pusat penting untuk produksi garam.

Penemuannya di timur laut Bulgaria ini menjelaskan penemuan tumpukan emas besar yang ditemukan 40 tahun yang lalu.

Arkeologis percaya bahwa kota tersebut merupakan rumah bagi 350 orang pada sekitar 4700 dan 4200 tahun sebelum Masehi. Bahkan 1500 tahun lebih awal dibandingkan peradaban kuno Yunani.

Penduduk merebus air dari sumber mata air setempat dan menggunakannya untuk menciptakan bata pasir, yang digunakan sebagai bahan tukar dan mengawetkan daging.

Garam adalah komoditas yang sangat berharga saat itu, dimana para ahli mengatakan bahwa hal tersebut bisa membantu menjelaskan dinding batu pertahanan besar yang mengeliling kota.

Eskavasi situs, yang dimulai pada tahun 2005, juga ditemukan sisa dari rumah bertingkat dua, beberapa lubang untuk ritual dan bagian dari struktur benteng pertahanan.

Necropolis kecil, atau tanah kuburan, juga ditemukan di situs ini oleh arkeologis dan masih dalam tahap penelitian.

"Kami tidak membicarakan kota seperti Yunani, Roma kuno atau permukiman abad pertengahan, namun yang kami sepakati adalah bahwa konstitusi kota ini dari millenium kelima sebelum masehi," kata peneliti dari National Institute of Archaeology Bulgaria, Vasil Nikolov, kepada AFP seperti dikutip oleh BBC.

Arkeologis, Krum Bachvarov dari institut mengatakan bahwa penemuan baru ini " sangat menarik".

"Dinding besar sekitar permukiman, yang dibangun tinggi dengan batu adalah sesuatu yang belum pernah dilihat selama eskavasi situs pra sejarah di tenggara Eropa sejauh ini," katanya.

Pertambangan garam serupa dekat Tuzla di Bosnia dan Turda di Romania membantu untuk pembuktian kehadiran peradaban yang juga menambang tembaga dan emas di gunung Carphatian dan Balkan, periode yang sama.

Koresponden BBC di Eropa, Nick Thorpe mengatakan bahwa penemuan baru ini hampir bisa menjelaskan temuan harta karun 40 tahun lalu di kuburan di luar Varna, 35km, tumpukan emas paling tua yang pernah ditemukan. (Ant) 

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine