Hujan Meteor 2012


Penduduk dunia akan disuguhi hujan meteor malam iniJavaMagazine (US) - Malam ini langit akan tampak berbeda dari biasanya. Lebih dari 100 Meteor Geminid akan menghujani bumi setiap jamnya. Puncak dari Hujan Meteor Geminid akan tampak pada malam ini di seluruh penjuru dunia. "Hujan Meteor Geminid akan terjadi mulai malam ini, dan akan dapat dilihat oleh seluruh penduduk dunia pada tengah malam sampai subuh keesokan hari (15/12, Red)", jelas Bill Cooke, Kepala Kantor Lingkungan dan Meteorid NASA kepada MSNBC (13/12).

Selain itu diperkirakan akan terlihat juga penampakan Komet Wirtanen yang baru pertama kali ini muncul. "Komputer model kami memperkirakan hujan meteor juga akan berasal dari pecahan partikel Komet Wirtanen", tambah Cooke.

Jika hujan kedua benar-benar terjadi, para ahli memperkirakan akan terjadi tambahan jatuhnya 30 partikel ke atmosfer Bumi. Kejadian ini oleh para ahli dinamakan Hujan Piscids mengingat partikel-partikel tersebut berasal dari Gugusan Bintang Pisces.

Tidak diperlukan teropong atau teleskop untuk mengamati hujan meteor yang akan terjadi malam ini. Karena kejadian langka ini dapat dilihat dengan mata telanjang terlebih bagi mereka yang mengamati dari pinggiran kota atau pedesaan.

Tahun ini, hujan meteor tidak hanya terjadi pada malam ini saja. Hujan Meteor Geminid akan nampak hingga akhir minggu ini.(3D).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine