Cara merawat Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah

JavaMagazine (Jakarta) - Tak peduli apakah payudara yang dimiliki besar atau kecil, namun hal yang paling penting adalah menjaganya agar tetap sehat dan indah. Untuk mendapatkan hal tersebut, begini caranya.

Meski payudara selalu tertutup oleh pakaian, tapi bukan berarti bagian tubuh yang satu ini tidak perlu dijaga dengan baik. Karena beberapa hal tertentu bisa membuatnya bermasalah atau muncul penyakit.

Untuk membantu menjaga payudara tetap sehat dan indah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Health24,Kamis (20/12/2012) yaitu:

1. Konsumsi makanan yang tepat
Beberapa studi telah menunjukkan konsumsi makanan tertentu dapat membantu kurangi risiko kanker payudara, seperti buah dan sayuran berwarna kuning yang mengandung antioksidan beta-karoten.

Biji rami, kenari, cranberry dan asam lemak omega-3 (minyak ikan, alpukat dan telur) juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Serta dibarengi dengan makanan tinggi magnesium untuk mencegah pembengkakkan payudara dan nyeri.

2. Cek ukuran payudara dengan tepat
Diperkirakan lebih dari 70 persen perempuan menggunakan ukuran bra yang salah. Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan ligamen payudara, nyeri dan payudara kendur. Ukuran payudara dapat berubah sepanjang hidup karena perubahan berat badan, kehamilan atau menopause.

Untuk itu cek ukuran payudara dengan tepat dan secara berkala agar bisa mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

3. Biasakan olahraga
Penelitian menunjukkan olahraga 4 jam atau lebih dalam seminggu bisa menurunkan kadar estrogen dan mengurangi risiko kanker payudara. Namun olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga membantu mencegah kendur dan meningkatkan tampilan payudara.

Olahraga yang melibatkan otot-otot dada seperti push-up dan bench press sangat bagus untuk meningkatkan bentuk dan mengangkat payudara.

4. Periksa payudara secara teratur
Memeriksa payudara secara teratur bisa menjadi cara deteksi dini untuk kanker payudara atau masalah lainnya. Setiap perempuan disarankan mengenal dan memeriksa payudaranya setiap bulan, serta mencari tahu perubahan ukuran, bentuk, tekstur kulit, ruam serta benjolan.

5. Berhenti merokok
Merokok telah berulang kali ditetapkan sebagai faktor risiko berbagai penyakit serius, termasuk kanker payudara. Studi dari California Department of Health Services menemukan tingkat kanker payudara di kalangan perempuan merokok 30 persen lebih tinggi dibanding perempuan yang tidak pernah merokok.

Studi lain juga menemukan efek dari merokok ini bersifat kumulatif yang mana risiko meningkat seiring dengan berapa tahun ia merokok, sehingga segera berhenti merokok bisa membantu kurangi risiko terkena penyakit ini.

6. Mengoleskan tabir surya
Banyak perempuan yang lupa mengoleskan tabir surya di bagian dadanya, padahal lupa berikan tabir surya tidak hanya menempatkan payudara berisiko terkena sengatan matahari, tapi juga menyebabkan penuaan dini.

Untuk mencegah keriput dan menjaga kulit di sekitar payudara tetap halus serta kencang, gunakan tabir surya setiap kali selesai mandi atau ketika kulit terkena sinar matahari.

7. Gunakan bra olahraga
Ketika berolahraga, payudara cenderung bergerak seiring adanya gerakan di tubuh. Jika payudara tidak mendapatkan dukungan yang memadai maka akan muncul rasa ketidaknyamanan, sakit, serta kerusakan ligamen yang bisa menyebabkan payudara melorot.

Untuk memastikan payudara terlindungi selama latihan, pastikan memakai bra olahraga yang pas dan lebih kuat dibanding bra sehari-hari sehingga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.

8. Memperbaiki postur tubuh
Postur tubuh mempengaruhi bentuk dari payudara. Ini karena otot-otot dada dapat kehilangan fleksibilitas ketika bahu turun atau posisi membungkuk yang menyebabkan bentuk payudara kendur.

Selain itu berjalan tegak akan membuat payudara terlihat lebih besar, karena itu perhatikan bagaimana posisi duduk dan berdiri sepanjang waktu, serta tak ada salahnya melakukan latihan untuk perbaiki postur tubuh seperti yoga, pilates atau Tai Chi.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine