Beasiswa Jepang untuk Guru Indonesia

JavaMagazine (Jakarta) - Pemerintah Jepang kembali memberikan beasiswa Monbukagakusho. Yakni program penataran guru (Teacher Training Program) khusus bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran. 

Penerima beasiswa mendapatkan pelatihan cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru.

Program non gelar ini dilaksanakan selama satu tahun enam bulan (termasuk enam bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2013. Tidak ada ikatan dinas dengan pemerintah Jepang selepas program ini.

Selain itu, peserta akan mendapat sejumlah fasilitas sebagai berikut:

- Tiket PP Jakarta-Jepang.
- Bebas biaya ujian masuk, pendaftaran, dan kuliah.
- Tunjangan bulanan sebesar 150 ribu yen (sekitar Rp16,5 juta).
- Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Adapun beberapa syaratnya antara lain:

1. Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SMP, SMA/SMK.

2. Telah mengajar lebih dari lima tahun di lembaga pendidikan formal. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan.

3. Usia di bawah 35 tahun.

4. Sehat jasmani dan rohani. Bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil.

5. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang.

6. Melengkapi dokumen-dokumen, seperti formulir (dapat diunduh di laman kedutaan besar Jepang) berikut pas foto, fotokopi ijazah dan transkrip nilai, surat keterangan dari tempat mengajar, serta surat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Semua dokumen ditulis dalam Bahasa Inggris atau Jepang.

Info lengkap hubungi Bagian Pendidikan Kedutaan Besar JepangJl. M. H. Thamrin 24, Jakarta 10350. Atau bisa menghubungi panitia penyelenggara di (021) 31924308 ext 175 atau 176. Bisa melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp. Pendaftaran ditutup 25 Januari 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine