Misi NASA: mencari penyewa atau pembeli

JavaMagazine (Orlando) - Lembaga Antarariksa AS (NASA) mempunyai misi baru untuk akhir 2013 yang justru bukan tentang ke-antariksa-an melainkan keuangan.

NASA, seperti dilansir harian Orlando Sentinel, sedang mencari investor yang akan menyewa atau bahkan membeli ruangan atau fasilitas peluncuran roket luar angkasa di Kennedy Space Center (KSC).

"...menyadari semua fasilitas ini telah didanai oleh program roket luar angkasa dan fasilitas di sini tidak dapat ditinggalkan dalam waktu lama sebelum menjadi tidak berguna," kata Direktur Pengembangan dan Perencanaan KSC NASA, Joyce Riquelme.

Riquelme mengatakan KSC menargetkan terjadi kesepakatan dalam beberapa bulan mendatang seiring dengan berakhirnya dana perawatan pemerintah federal AS untuk fasilitas ruang angkasa NASA itu pada akhir 2013.

Proses penawaran fasilitas KSC hampir sepenuhnya rahasia karena NASA telah sepakat dengan para penawar untuk menjaga proposal mereka dari kompetitor ataupun publik.

Sejumlah fasilitas yang ditawarkan ke investor swasta antara lain, landasan peluncur 39A, ruang gedung perakitan pesawat, struktur perakit roket Saturn V-Apollo, fasilitas pemroses orbit (Orbiter Processing Facilities), Hangar N beserta peralatannya, pusat pengontrol peluncuran, dan beberapa fasilitas lain.

Atas penawaran itu, Badan Luar Angkasa Space Florida dan pabrikan pesawat Boeing menyatakan minatnya terhadap fasilitas-fasilitas KSC NASA.

"Segala sesuatu yang mempunyai kemampuan pembersihan atau pemrosesan satelit, fasilitas parasut, fasilitas pemroses orbit, fasilitas perakitan, semuanya mempunyai nilai nyata untuk kegiatan luar angkasa generasi berikutnya," kata Presiden Space Florida, Frank Di Bello.

Namun, DiBello mengatakan fasilitas seperti tempat peluncuran roket tidak menarik bagi para investor karena mereka lebih memilih untuk membangun roket sendiri. dikutip laman orlandosentinel.com. 
(ag7).

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine