Air Terjun 'Gila' di Lombok Nan Cantik

gbJavaMagazine (Lombok) - Lombok tak sebatas pantai-pantai atau pulau-pulau kecil. Lombok juga punya beberapa air terjun cantik yang mampu menghipnosis traveler. Salah satunya yaitu air terjun Sendang Gile yang memiliki arti, air terjun gila!

Lombok selalu menarik untuk dijelajahi. Di tiap kabupatennya, ada banyak objek yang bakal membuat traveler berdecak kagum. Seperti di Lombok Utara, ada air terjun Sendang Gile yang sangat unik.

Saya bersama rombongan Burufly berkesempatan mampir di air terjun Sendang Gile pada Rabu (3/7/2013). Letaknya berada di Kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Jarak dari tempat kami bermalam di Senggigi, membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk tiba di objek wisata air terjun Sendang Gile. Tentu saja, kami semua lelah. Tak sampai di situ, kami masih harus berjalan kaki untuk tiba di air terjun Sendang Gile.

"Dari sini (pintu masuk), harus jalan sekitar 15 menit untuk ke Sendang Gile," ujar porter sekaligus warga asli suku Bayan, Agus kepada saya.

Setelah membayar tiket masuk, kami serombongan langsung bergegas menuju air terjun Sendang Gile. Beberapa peralatan kamera dibawa oleh porter. Para porter pun tak mematok harga, mereka dibayar secara sukarela.

Pertama, kami harus melewati jalanan menurun yang curam. Medannya berupa tangga-tangga yang kalau dihitung, mungkin ada ratusan. Untungnya, ada pegangan tangan yang sedikit bisa meringankan.

"Ini sih sudah bagus mas jalannya. Kalau dulu benar-benar turunan dan tidak ada tangga seperti ini," ujar Agus yang berjalan di sebelah saya.

Setelah jalanan menurun, kini kami harus mendaki. Stamina kami pun terkuras. Tak sedikit, dari kami yang bercucuran keringat dan menenggak air minum. Tapi di balik perjalanan melelahkan ini, banyak pepohonan hijau dan udara segar.

Saya pun berulang kali menyeka dahi dengan handuk kecil. Agus yang melihat saya, hanya tersenyum saja. Saya lantas bertanya tentang sejarah dan asal muasal air terjun Sendang Gile. Supaya, rasa lelah ini tak terlalu berasa.

"Sendang itu artinya teduh. Kalau Gile itu artinya gila," kata Agus.

Saya sedikit tersentak dengan perkataan Agus. Mengapa diberi nama gila? Apa ada kisah dibalik air terjun ini? Atau ada hal-hal mistis yang tak bisa diterima akal sehat di sini?

"Gila itu, mungkin karena jalanan menuju ke sana mas. Bayangin aja mas, orang-orang dulu kalau mau ke sana betapa sulitnya. Harus melewati hutan dan mungkin membuka jalur jalan," ungkap Agus.

Saya setuju dengan pernyataan Agus. Memang, perjalanan menuju air terjun Sendang Gile cukup berat. Setelah sekitar 15 menit lebih, ada suara deru air terjun. Akhirnya, Sendang Gile!

Menakjubkan, itulah kata-kata pertama yang keluar dari mulut saya setelah melihat air terjun Sendang Gile. Tinggi air terjun ini sekitar 30 meter. Alirannya cukup deras. Kalau diperhatikan, ada dua arus di air terjun Sendang Gile ini. Pepohonan yang menjulang tinggi membuat suasana di sini sangat teduh. Padahal, saat itu matahari sedang terik-teriknya, sekitar pukul 14.00 WITA.

Suara deru airnya mampu menenangkan hati. Tak hanya itu, ada pelangi yang terlihat di balik air terjun Sendang Gile. Pelanginya tersebut, seolah bonus dari air terjun ini.

Menurut Agus, beberapa masyarakat yang datang ke sini percaya bahwa mandi di bawah air terjun Sendang Gile banyak khasiatnya. Ada yang percaya bisa membuat kulit lebih halus atau menghilangkan penyakit. Tapi Agus, tak menjamin.

Perjalanan yang gila menuju air terjun Sendang Gile seolah terbayar impas. Inilah bukti kecantikan Lombok yang tak terbantahkan. Saya pun tergila-gila pada air terjun gila ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine