Perceraian PNS Makin Merebak

PNSJavaMagazine (Surabaya) - Data di Pemkot Surabaya menyatakan jika PNS wanita justru yang paling banyak mengajukan gugatan cerai, daripada PNS pria. Ada dugaan, tingkat kemandirian sosial wanita meningkat, membuat mereka memilih jadi single parent atau hidup sendiri.

Penyebab perceraian itu saat ini lebih banyak karena ketidakcocokan dan adanya kekerasan dalam rumah tangga. Wanita memilih melakukan gugatan cerai, karena sudah diperhitungkan jika dirinya tanpa suami sudah bisa hidup sendiri.

Data ini diungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya Hendri Rahmanto. Menurut Hendri yang namanya dicatut pelaku penipuan melalui telepon terhadap PNS di Pemkot Surabaya ini, tiap tahun data menunjukkan jika wanita yang paling banyak mengajukan gugatan cerai, daripada pria.

Data di BKD, pada 2009, total perceraian PNS tercatat 26 orang. Dari data itu, wanita yang melakukan gugatan cerai ada 12 orang dan sisanya pria. Pada 2010 ada 31 kasus perceraian, yang mana gugatan cerai dilakukan wanita ada 20 orang dan pria hanya 11 orang.

Sementara pada 2011 tercatat 23 orang bercerai, penggugat wanita ada 14 orang dan lagi-lagi 9 orang. Untuk 2012 sampai Oktober ada 11 kasus perceraian, angka ini hanya berdasar surat izin dari atasannya dan wali kota. Sementara angka pastinya belum final karena ada yang masih dalam proses mendapatkan surat izin.

Dari kasus perceraian itu, rata-rata dilakukan kaum pengajar atau guru. “Guru di bawah wewenang Diknas sebanyak 36,36 persen. Kecamatan 22,74 persen, dan sisanya dari dinas lain,” ujar Hendri.

Keberanian wanita mengajukan gugatan cerai itu juga berdasar penghasilan wanitanya yang lebih tinggi. Apalagi saat ini sudah ada sertifikasi yang mampu meningkatkan kesejahteraan guru, sehingga hal ini juga berdampak negatif karena wanita berani melakukan gugatan cerai.

Untuk PNS lain, karena didukung tunjangan prestasi pegawai yang dihasilkan lebih tinggi, dan dengan begitu dianggap mampu untuk berdiri sendiri. Pemkot pun sudah mulai melakukan penyuluhan agar tingkat perceraian di lingkungan PNS ini bisa turun atau rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine