Tes CPNS 2013

JavaMagazine (Jakarta) - Hampir seluruh kementerian dan lembaga, hingga pemerintah daerah akan merekrut CPNS yang jumlah totalnya sekitar 60 ribu orang pada tahun ini. Lowongan mulai dibuka Oktober 2013, apa saja tesnya?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, seleksi CPNS tahun ini akan lebih transparan dengan 3 tes kompetensi dasar.

"Ada tes kepribadian, tes potensi akademik, dan tes wawasan kebangsaan," ujar Azwar di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (26/7/2013). 

Seperti apa transparannya? Azwar mengatakan, nanti lembar jawaban pada saat tes akan dibawa langsung ke Jakarta dan diumumkan. "Kan rawan kalau di daerah, diubah-ubah namanya. Nanti juga waktu pengumuman disesuaikan, bisa 2 atau 3 minggu. Jadi hasil itu masuk diperiksa dan diumumkan. Jadi lebih transparan," tutur Azwar.

Namun, dari 60 ribu lowongan, belum pasti semua akan diisi. Ini tergantung pada kualifikasi saat tes. Tahun lalu saja, dari 13 ribu lowongan CPNS yang dibuka, yang terisi hanya 11 ribuan, sisanya tidak memenuhi kualifikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine