Mencetak Tulang Wajah 3D Untuk Korban Kecelakaan

Seorang bernama Stephen Power (29) harus menjalani rekonstruksi tulang tengkorak dengan teknologi 3D. Tim dokter akan melakukan implan atau pembuatan tulang pengganti untuk memperbaiki bagian tengkoraknya yang hancur.

Sebelum menjalani pengobatan itu Power mengalami kecelakaan sepeda motor yang hebat di Wales 2012 lalu. Kecelakaan telah membuat beberapa tulang wajah Power patah, yaitu pada bagian tulang pipi, tulang di atas rahang, tulang hidung, dan tengkorak. Semua tulah itu pun ia tinggal di rumah sakit selama beberapa bulan, karena patah tulang yang dialaminya cukup serius. Power pun hanya bisa menggunakan topi dan kacamata untuk menutupi perubahan bentuk wajahnya itu.

Untungnya, baru-baru ini Power telah menjalani pengobatan selanjutnya. Operasi dilakukan di Rumah Sakit Morriston, Swansea, untuk mengembalikan penampilan Power. Ahli bedah maxillofacial, Adrian Sugar, memimpin rencana ini berkolaborasi dengan Centre of Applied Reconstructive Technologies di Surgery dan National Centre for Product Design and Development Research.

Bagian kepala Power yang tidak rusak di­-scan oleh tim dokter untuk membuat sebuah model 3D. Melalui model tengkorak 3D itu, tim dokter mempelajari kerusakan yang terjadi. Setelah itu barulah dilakukan rekonstruksi tulang yang rusak. Proses itu memakan waktu selama delapan jam.

Power mengatakan bahwa ia bisa melihat perubahan yang begitu luar biasa pada wajahnya. “ini benar-benar mengubah hidup saya,” katanya.

Proyek pembuatan tulang 3D itu dipamerkan di Science Museum di London. Tim di wales berharap penemuan ini akan terus berkembang dari waktu ke waktu dan bisa membantu perkembangan ilmu kedokteran. (news.discovery.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine