Peluang Bisnis Dodol Betawi Yang Bisa Tembus Pasar Ekspor

JavaMagazine (Jakarta) - Jika selama ini dodol diangap makanan tradisional "biasa-biasa" saja alias cuma "beredar" di kampung-kampung dan kota-kota dalam negeri, maka hal itu bisa salah karena dodol betawi juga bisa menembus pasar luar negeri, di antaranya ke Madinah dan wilayah lain Arab Saudi.

"Dodol betawi ini selalu disajikan pada acara festival, acara betawi dan lainnya, sementara distribusinya di Jabodetabek; bahkan kami kirim ke luar negeri," kata pengusaha mikro, Hj Aminah, di Jakarta, Selasa (11/11).

Ia mengatakan, sejalan dengan pasar internasional dodol betawi ini, maka industri rumahan ini harus terus menjaga keaslian rasa makanan khas Jakarta itu.

Untuk pasar dalam negeri, kata dia, permintaan meningkat saat bulan Ramadhan berlangsung.

Sedangkan untuk penjualan ke perorangan, kata dia, banyak juga turis mancanegara yang datang ke tempat dodol betawi itu dibuat.

"Biasanya mereka datang untuk melihat bagaimana proses membuat dodol serta meminta penjelasan dan resepnya. Selain itu mereka juga diberikan pendidikan tentang produksi olahan makanan yang tidak menggunakan bahan pengawet," kata dia.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine