Nglanggeran, Penona Gunung Api Purba Nan Elok

Terasering dilihat dari puncak gunung api purba nglanggeranJavaMagazine (Yogyakarta) - Gunung Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, punya keindahan alam yang tak bisa dipandang sebelah mata. Wisatawan bisa mendaki gunung ketinggian 700 mdpl ini dan mendapatkan pemandangan menawan.

Sensasi mendaki gunung dengan biaya murah bisa dilakukan di Gunung Api Nglanggeran. Di gunung purba ini, wisatawan bahkan tak perlu profesional atau punya banyak pengalaman mendaki gunung.

Gunung ini berada dalam rangkaian Pegunungan Baturagung, didominasi oleh bebatuan raksasa dengan ketinggian mulai 200-700 mdpl. Gunung ini aktif pada 25 juta tahun silam sebelum kemudian mati, mengalami erosi dan penyingkapan. Oleh karena itulah kita bisa melihat batu menjulang tinggi, besar, dan kokoh.

Treknya tidak susah, tidak pula mudah. Saat musim hujan, permukaan tanah agak licin di beberapa titik. Rute pendakian di sela-sela gunung yang sempit menambah keasyikan saat mendaki gunung ini. Ekosistem kupu-kupu cantik menambah ceria suasana, dan kebun bunga matahari menambah indah pemandangan.

Dari atas Gunung Nglanggeran terdapat beberapa titik untuk menikmati panorama alam yang luar biasa cantik. Baik sunrise, sunset, juga malam hari, wisatawan akan dimanjakan pemandangan pesawahan yang indah. Bagi yang ingin camping, bisa memilih tempat sesuai kenyamanan masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Permata Yang Anda Sukai !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Java Magazine